Dunia musik

       Hai..jumpa lagi dengan saya di Coretan Mutimatul😉. Rupanya sudah lama saya tidak menulis di sini, hehe.. . Langsung saja ke konten hari ini, yaitu musik. Menurut kalian, apa sih musik itu? Apa kegunaannya? Dan bagaimana sejarahnya?



Hasil gambar untuk musik




       Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.


Sejarah Singkat Perkembangan Musik di Dunia


Hasil gambar untuk sejarah perkembangan musik di dunia
perkembangan musik di dunia

       Musik dikenal sejak  manusia modern Homo sapiens yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tidak ada yang tahu kapan manusia mula mengenal seni dan musik. Dari penemuan arkeologi pada lokasi-lokasi seperti pada benua Afrika, sekitar 180.000 tahun hingga 100.000 tahun lalu telah ada perubahan evolusi pada otak manusia. Dengan otak yang lebih pintar dari hewan, manusia merancang pemburuan yang lebih terarah sehingga bisa memburu hewan yang besar. Dengan kemampuan otak seperti ini, manusia bisa berpikir lebih jauh hingga di luar nalar dan menggunakan imajinasi dan spiritual. Bahasa untuk berkomunikasi telah terbentuk di antara manusia. Dari bahasa dan ucapan sederhana untuk tanda bahaya dan memberikan nama-nama hewan, perlahan-lahan beberapa kosakata muncul untuk menamakan benda dan memberikan nama panggilan untuk seseorang.



       Dalam kehidupan yang berpindah-pindah, manusia purba mungkin mendapat inspirasi untuk mengambil tulang kaki kering hewan buruan yang menjadi makanannya dan kemudian meniupnya dan mengeluarkan bunyi. Ada juga yang mendapat inspirasi ketika memperhatikan alam dengan meniup rongga kayu atau bambu yang mengeluarkan bunyi. Kayu dibentuk lubang tiup dan menjadi suling purba.



       Manusia menyatakan perasaan takut dan gembira dengan menggunakan suara-suara. Bermain-main dengan suara menciptakan lagu, hymne, atau syair nyanyian kecil yang diinspirasikan oleh kicauan burung. Kayu-kayu dan batuan keras dipukul untuk mengeluarkan bunyi dan irama yang mengasyikkan. Mungkin secara tidak sengaja manusia telah mengetuk batang pohon yang berongga di dalamnya dengan batang kayu yang mengeluarkan bunyi yang keras. Kulit binatang yang digunakan sebagai pakaian diletakkan sebagai penutup rongga kayu yang besar sehingga terciptalah sebuah gendang.


Perkembangan Musik di Indonesia

Image
sejarah perkembangan musik di Indonesia

       Beberapa musik Nusantara terdiri dari musik tradisional, musik keroncong, musik dangdut, musik perjuangan, dan musik pop. Semuanya itu tentu perlu proses dan tahapan sehingga menjadi sebuah musik yang layak untuk didengar oleh masyarakat luas.


       Mengulas sedikit sejarah musik di Indonesia, dahulu kala sebelum masuknya Hindu-Budha, musik pada umumnya selalu digunakan sebagai bahan untuk kegiatan ritual masyarakat setempat. Beberapa kelompok menggunakan alat tertentu yang dipercaya memiliki kekuatan magis dan alat musik yang digunakan pada umumnya hanya berasal dari alam sekitar.
Setelah masuk pengaruh Islam, perkembangan selanjutnya diperkenalkan oleh pedagang arab yang tinggal di Indonesia. Gambus dan rebana menjadi alat musik yang selalu mereka gunakan.

       Seiring berkembangnya zaman dan teknologi semakin canggih, akhirnya banyak negara lain yang memasukan media elektronik ke Indonesia. Dari situlah perkembangan musik di Indonesia semakin meningkat.Tak hanya itu, pesatnya kemajuan industri musik di tanah air saat ini diimbangi dengan banyak bermunculan insan-insan musik yang mendatangkan angin segar bagi industri tersebut.

       Berbagai jenis musik barat, seperti pop, jazz, blues, rock, R&B dan musik- musik negeri India yang banyak diperkenalkan melalui film-filmnya. Dari perkembangan ini, terjadilah perpaduan musik asing dengan musik Indonesia. Seperti, musik India yang berpadu dengan musik melayu sehingga  menghasilkan jenis musik dangdut.

       Pada Tahun 70an dangdut adalah salah satu genre yang paling digemari anak muda. Kemudian muncul juga Rhoma Irama yang kita kenal sebagai raja dangdut fenomenal dan karya-karyanya yang begitu digemari oleh masyarakat. Dangdutjuga merupakan salah satu musik yang dianggap berkelas pada saat itu.

       Kemudian di tahun 90an lagu-lagu yang di sukai masyarakat indonesia adalah aliran Pop melayu. Memasuki tahun 2000-an, tren aliran musik di masyarakat Indonesia berubah ke lagu Pop dengan munculnya band-band seperti Padi, Ungu, Samson, Peterpan, Dewa19, dan lainnya.

       Hingga sampai saat ini musik Indonesia semakin maju, tidak hanya musik saja, namun musisi pun akhirnya semakin banyak yang bermunculan dari berbagai aliran genre musik. Banyak berkembang pula jenis musik yang memadukan unsur kedaerahan Indonesia dengan unsur musik barat, terutama alat- alat musiknya. Jenis musik ini sering disebut musik etnis.

       Dengan semakin ranah musik di Indonesia, ini merupakan suatu kebanggan bagi Tanah air untuk bersaing di Industri Musik Internasional. Kedepannya kita tidak pernah tahu aliran atau genre musik apa yang akan kembali di sukai oleh masyarakat indonesia. Namun, kita berharap semoga kualitas musik di Indonesia semakin baik lagi dan positif.

Komentar